kreatif dan inovatif

Oke, dalam blog ini saya akan coba mengulas tentang kreatif dan inovatif. Apa artinya, apa persamaannya, dan apa perbedaannya dari dua kata tersebut, lebih jauh saya akan coba memberi contoh dari keduanya.

Secara harfiah, kreatif adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru (wikipedia). Banyak orang yang mengabaikan kreaitivitas sebab dia tidak menyadari manfaat dari kreativitas.

Sedangkan secara harfiah inovatif berasal dari kata inovasi yaitu diartikan sebagai “proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).  Inovasi sebagai suatu “obyek” juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktik baru yang tersedia bagi aplikasi, umumnya dalam suatu konteks komersial. Biasanya, beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan, bergantung pada konteksnya: suatu inovasi dapat bersifat baru bagi suatu perusahaan (atau “agen/aktor”), baru bagi pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara global. Sementara itu, inovasi sebagai suatu “aktivitas” merupakan proses penciptaan inovasi, seringkali diidentifkasi dengan komersialisasi suatu invensi. Istilah inovasi memang sering didefinisikan secara berbeda, walaupun pada umumnya memiliki pemaknaan serupa. Inovasi, dalam ilmu lingusitik adalah fenomena munculnya kata-kata baru dan bukan kata-kata warisan. Inovasi berbeda dengan neologisme. Inovasi bersifat ‘tidak sengaja’. (wikipedia)

APA PERSAMAAN DAN PERBEDAANNYA??

Persamaannya adalah keduanya dihasilkan dari kreasi otak dan motivasi untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dan mungkin tidak ada di tempat lain, bagaimana caranya berfikir out of the box dan menghasilkan sesuatu yang sangat menarik bagi orang yang melihatnya. Sedangkang perbedaannya adalah, kreatif merupakan hasil kreasi berbeda dari sesuatu yang sudah pernah ada sebelumnya, sedangkan inovasi dapat merupakan sebuah temuan atau kreasi baru yang belum pernah ada dan membuat hal tersebut memiliki nilai komersial yang lebih.

Berikut mungkin bisa memberikan contoh bagaimana kita harus berfikir out of the box:

sekian dan terima kasih, ditunggu komen komennya.. enjoy!

 

Advertisements

About muhammad azmi

saya mahasiswa tingkat 3 SBM-ITB yang insyaallah lulus tahun 2011 ini (amin). hobi: denger musik, main musik, main PS3 di kamar dien, dan saya cinta AC MILAN. thank you bandung! View all posts by muhammad azmi

3 responses to “kreatif dan inovatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: